Senin, 14 Juli 2008

Udang Masak Saos Tiram

Hari ini pas abis pulang kerja, gue pengen banget masak udang saos tiram, soalnya tadi di kantor liat2 resep, en ketemu ini resep yang enak..
Nah mulai pemburuan gue ke udang, yaitu ke Hypermart GMP lagi as usual.
Ini resepnya ;

500 gram udang, kupas kulitnya, belah punggungnya (536ons harganya 27.280,- )
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
4 sendok makan mentega/margarin
5 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris tipis (1buah Rp.815,-)
6 sendok makan saus tiram
4 sendok makan kecap manis
2 sendok makan kecap asin
3 sendok makan minyak wijen
50 cc air

Cara membuat :

Lumuri udang dengan garam dan merica bubuk hingga rata, biarkan selama 15 menit, lalu goreng dalam minyak yang panas dan banyak hingga matang dan kering, angkat, tiriskan, sisihkan.
Panaskan margarin, lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum.
Masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, dan air, aduk rata, masak hingga mendidih, lalu masukkan udang tadi, aduk rata, angkat.

Setelah selesai buat, gue langsung.. cobain.. mmhh
Hasilnya cicipan gue , rasa saus tiram nya itu kentara banget asin,manisnya, gak usah pake garem en gula lagi udah enakkk.. gue ikutin sesuai resep.. Cuma minyak wijen nya aja kalo bisa kurangin jadi 2 sendok makan, krn kalo banyak2 jadi banjir.. tapi tetep enakkk..udangnya so pasti enak dan gurihh.. si kezi anak gue tiba2 muncul en cicipin udangnya en sambil acungin jempol dia bilang “mak nyuss.. mam..” sippp ternyata dia doyan banget en gue tambahin ama nasi buat kezi makan.. padahal sorenya udah makan banyak.. sipp lah kalo anak doyan masakan gue .. hubby jg makan en bilang enakk.. tapi tetep aja dia lebih suka saos padang.. hehehehhh

Pokoke mak nyussssss..

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah dah mulai ada hasrat masak nih. :) Besok masak apalagi nih? Sayang g ga kebagian tester. Kayaknya enak tuh?

美鈴 &彩香 mengatakan...

nek, lho kok u da buat udang?? katanya buat tugas brikutnya??? hehe, tp kyknya yummy deh....jd kpingin deh